Bem Filkom

OMA (Opini Mahasiswa) | Sabtu Praktikum

12-Sep-2016 admin Berita

Praktikum yang diselenggarakan hari sabtu di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menuai banyak kritikan. Bukan karena mahasiswa yang terlalu manja karena merasa hari weekend-nya terganggu, namun akhir pekan bagi mahasiswa seringkali digunakan untuk beristirahat, berorganisasi, hingga membuat laporan yang membutuhkan waktu ekstra.cafe_3

Mungkin hal ini terasa sedikit agak wajar untuk mahasiswa baru yang jumlah SKS-nya masih sedikit. Namun bagi mahasiswa yang menempuh beban SKS penuh tentu praktikum di hari Sabtu bukanlah hal yang mudah. Rasa jenuh menerima materi bisa menyebabkan ilmu yang diserap mahasiswa tidak maksimal hingga akhirnya dapat menyebabkan kualitas mahasiswa menurun.

Terlebih lagi dunia kampus adalah wadah dari berbagai organisasi, mulai dari organisasi internal maupun eksternal yang menuntut mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berorganisasinya. Namun, padatnya jadwal kuliah membuat mahasiswa susah membagi waktu. Maka dari itu, akhir pekan dirasa menjadi waktu yang tepat untuk mahasiswa melakukan aktifitas organisasi diluar jam kuliah ataupun praktikum.

Dibukanya praktikum di akhir pekan sendiri baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2016 – 2017. Entah apakah hal ini berkaitan dengan kurikulum baru di Filkom UB atau tidak. Kurikulum baru ini dilaksanakan karena Filkom UB baru saja diresmikan pada Januari 2015 lalu, yang sebelumnya kita tahu bernama Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer atau disingkat PTIIK sejak tahun 2011.

Pastinya praktikum yang diselenggarkan pada hari Sabtu di Filkom UB sudah melewati pertimbangan yang menyebabkan dibukanya praktikum diakhir pekan ini. Mungkin penyebabnya mulai dari keterbatasan tempat, waktu, hingga tenaga pengajar mengingat Filkom UB memiliki mahasiswa lebih dari 1000 orang.

Ya beginilah akhirnya, ketika kelas-kelas terbatas, jumlah mahasiswa yang membludak, dan susunan kurikulum yang amburadul, siapa lagi yang harus dikorbankan kalau bukan mahasiswa (lagi).

Kementrian Kajian dan Aksi Strategi
BEM FILKOM 2016
#MenolakDiam
#ContinuousImprovement