Bem Filkom

Review IWIC 10 Roadshow to Brawijaya University

22-Sep-2016 admin Berita, Kegiatan

Antusiasme mahasiswa Universitas Brawijaya tampak pada perhelatan IWIC (Indosat cafe_0Wireless Inovation Contest) 10 Roadshow to Brawijaya University. Kompetisi yang diselenggarakan Indosat sejak tahun 2006 ini merupakan acara rutin tahunan yang dimasukkan sebagai program tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat (Corporate Social Responsibility).

IWIC sendiri bertujuan untuk mencari talenta terbaik dari seluruh Indonesia di bidang teknologi informasi dalam bentuk kompetisi atau kontes. Tidak ada batasan usia maupun pendidikan dan setiap tahunnya IWIC akan mengusung tema dan konsep yang berbeda.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana yang berasal dari biro PUSKOMINFO BEM FILKOM yaitu Maulida Sabrina, sebelum kemudian dilanjutkan dengan sambutan Presiden BEM FILKOM Ahmad Baihaqi dan Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Edy Santoso S.Si, M.Kom.

Tahun ini, selain benar-benar mengeksplorasi inovasi dari pesertanya, IWIC juga mengasah jiwa entrepreneurship peserta dengan menggandeng pihak-pihak yang dapat mengasah jiwa kewirausahaan, seperti Jakarta Founder Institute dan Crowdtivate yaitu sebuah institusi yang berfokus mengembangkan technopreneur.

Selain itu juga, seminar pada IWIC diisi oleh Novistiar Rustandi selaku CEO & Co-Founder HarukaEdu, Bayu Wibowo yang merupakan Head of Marketing Gojek Surabaya dan pemenang IWIC Randi Dwi Nandra. Sedangkan dari Indosat Ooredoo sendiri telah hadir Marcomm Manager Indosat Ooredoo Surabaya yaitu Heru Wahyudi dan Marketing Communication Indosat Ooredoo Surabaya Hariati Prihatini.

“Acaranya menarik banget, apalagi untuk mahasiswa yang ingin punya techstartup. saya mendapat banyak pengetahuan dan motivasi untuk membuat suatu product yg bisa diikutkan kontest seperti IWIC dan tentunya bisa jadi product techstartup,” ungkap Wahyu Risdiansyah yang merupakan peserta IWIC.

Pada puncak acara, diadakan sesi focus group discussion di mana peserta dibebaskan berdiskusi bersama tim mereka dan mengsubmit proposal ide atau apps ke website iwic.indosatooredoo.com setelah sebelumnya menjalani sesi tanya jawab bersama para pembicara dan tentunya pengarahan pelaksanakan FGD oleh MC.

Terpilihlah satu ide dan satu apps terbaik dari presentasi tiga tim tercepat yang jatuh pada Ahmad Yazi untuk apps dan Ajeng Ardhia Arya untuk ide. Keduanya merupakan mahasiswa Teknik Informatika yang berkesempatan mendapatkan smartphone 4G dari Indosat Ooredoo untuk proposal mereka.

“IWIC adalah wadah khususnya untuk kita mahasiswa fakultas ilmu komputer untuk menuangkan ide kreatif terutama dalam bidang teknologi, software and digital development. Dan menambah banyak pengetahuan juga buat kita,” pada sebuah kesempatan Maulida bercerita. Ia juga berharap Universitas Brawijaya khususnya mahasiswa filkom dapat menjadi pemenang dari rangkaian perhelatan IWIC 10 ini. Peserta juga mendapatkan ilmu yang diberikan para narasumber dan menjadi panutan bagi mereka untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang teknologi serta menjalin kerjasama yang erat antara Universitas Brawijaya dan Indosat Ooredoo tentunya.

download materi presentasi

Spread the love