Bem Filkom

Struktur Kabinet

DESKRIPSI

Kementerian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Pengembangan dan kaderisasi mahasiswa berdasar nilai-nilai kekeluargaan, kreatif, berjiwa kepemimpinan, dan memiliki daya guna yang berkualitas.

  • Dirjen P2M (Pemberdayaan dan Pengembangan Mahasiswa)

Mengembangkan sumber daya mahasiswa dalam bidang kepemimpinan dan keorganisasian dan penanaman rasa cinta akan Fakultas. Target sasaran adalah dirjen P2M adalah lebih kepada pemberdayaan mahasiswa bukan maba.

  • Dirjen Kaderisasi

Melaksanakan fungsi kaderisasi secara terbuka bagi mahasiswa FILKOM dalam membangun dan melakukan pembinaan pada karakter awal mahasiswa. Target sasaran Dirjen kaderisasi adalah mahasiswa baru.

Kementerian Karya Prestatif

Melakukan pengembangan dan implimentasi keilmuan mahasiswa FILKOM untuk mewujudkan sebuah karya prestatif

  • Implementasi Keilmuan

Melakukan implementasi keilmuan guna dimanfaatkan secara luas dampaknya oleh mahasiswa FILKOM dan juga BEM secara khususnya seperti pembuatan web dan aplikasi-aplikasi yang berguna untuk mahasiswa.

  • Pengembangan Keilmuan

Melakukan upaya pengembangan ilmiah terkait keilmuan guna mengembangkan potensi sektor mahasiswa dan juga melakukan pembinaan terpadu kepada lapisan mahasiswa dalam meningkatkan sisi keilmuan mereka serta upaya dalam mencetak prestasi

Kementerian Dagri (Dalam Negeri)

Menjalin koordinasi, konsolidasi, dan monitoring lembaga mahasiswa FILKOM dalam seluruh ranah kerja kelembagaan agar terjalinnya sinergisme langkah kerja antar seluruh elemen kemahasiswaan serta mengupayakan program-program kerja yang bersifat meningkatkan rasa kekeluargaan khususnya kepada kepengurusan organisasi mahasiswa dan secara umum kepada seluruh mahasiswa FILKOM.

Kementerian Ekonomi

Melakukan program kegiatan untuk menunjang peningkatan jiwa wirausaha dan skill kerja dalam peningkatan sisi ekonomi mahasiswa dan juga sebagai sumber pencarian dana untuk BEM dalam menjalankan program kerjanya.

Kementerian Kastrat (Kajian dan Aksi Strategis)

Melakukan kajian dan/atau aksi terkait isu-isu strategis dalam upaya pencerdasan dan/atau penyampaian tuntutan mahasiswa terkait isu-isu strategis serta sebagai pusat sinergisme kebijakan sosial politik. Berupaya dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui pengenalan nilai-nilai nasionalisme kebangsaan. Fungsi pencerdasan terkait isu melalui diskusi-diskusi public terbuka.

Kementerian Sosma (Sosial Masyarakat)

Meningkatkan kualitas dan kuantitas aksi sosial yang menitik beratkan pada usaha-usaha peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat terutama di bidang teknologi sekaligus meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa, memberikan bantuan segera kepada masyarakat dalam keadaan-keadaan darurat dengan mengerahkan segala potensi yang dimiliki civitas akademika FILKOM, melaksanakan suatu program kegiatan yang terencana untuk melakukan pembinaan terhadap suatu komunitas dan lingkungannya sebagai salah satu upaya memajukan bangsa sekaligus sarana peningkatan keterampilan dan kepekaan mahasiswa

Kementerian Advokesma (Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa)

Melakukan penghimpunan permasalahan dan advokasi permasalahan mahasiswa untuk disampaikan pada pihak-pihak terkait demi terwujudnya perjuangan aspirasi kesejahteraan mahasiswa.

  • Dirjen Advokasi

Melakukan penyampaian advokasi terhadap seluruh permasalahn yang telah dihimpun dan dikaji sebelumnya kepada pihak-pihak terkait dan menyusun langkah-langkah advokasi.

  • Dirjen¬†Kesejahteraan Mahasiswa

Menghimpun persamalahan mahasiswa secara global dan menyampaikan informasi-informasi terkait dengan kondisi kesejahteraan mahasiswa.

Biro Media Kreatif

Membuat berbagai kontent kreatif yang menarik dalam bentuk gambar ataupun video dalam upaya penyebaran informasi yang kreatif dan inovatif sebagai upaya pendekatan diri BEM kepada elemen mahasiswa. Kebiroan Media Kreatif juga bekerja dengan seluruh Kementerian untuk membantu membuat kontent kreatif yang menarik dalam bentuk gambar ataupun video untuk menunjang program kerja Kementerian.

Biro Humas

Mengelola media BEM dan memanfaatkannya untuk media yang komunikatif dan berimbang sebagai pusat informasi, mempublikasikan setiap informasi kampus secara akurat dan kritis kepada seluruh elemen di FILKOM, dan menghubungkan BEM dengan pihak-pihak terkait untuk menunjang program kerja Kementerian.

Biro Adkest (Administrasi dan Kesekretariatan)

Memiliki tanggung jawab terhadap setiap surat masuk dan surat keluar, bertanggungjawab terhadap seluruh inventaris kesekretariatan aset BEM, menjalankan fungsi kesekretariatan sebagai pusat administrasi dan penunjang administrasi seluruh Kementerian, serta mengurus administrasi organisasi sesuai dengan yang digariskan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta segala peraturan dan keputusan.